Minggu, 01 September 2019

QnA Kepenulisan with Sarah Ann



Sarah Ann penulis novel fantasteen the doll

Banyak yang bertanya padaku tentang gini gitunya menulis novel. Kebanyakan sih nanyanya lewat Instagram. Entah itu lewat DM atau pas aku bikin QnA di snapgram aku.
Beberapa pertanyaan yang seru (dan pastinya udah kujawab dong!) kutulis di sini.  


Writers’s Block

Q: Kalau lagi ngerasa jenuh nulis gimana, Sar? Biar ceritanya gak ditinggal gitu aja.
A: Me time sih kalo aku. Terus, usahain diriku tetep ada di tengah-tengah orang yang ngasih feedcack positif, begituuu.

Q: Gimana cara ngatasin writer’s block?
A: Karena aku orangnya ekstrovert, buat ngatasinnya aku biasanya pergi ke tempat yang rame untuk dapet suasana baru. Berhubung aku coffee addict juga, jadi biasanya aku nyari coffee shop nih gengs.
Kalo tingkat writer’s block nya belom parah, aku biasa nongki sambil bawa kerjaan. Tapi kalo udah level akut, biasanya kerjaan aku tinggal di rumah. Aku juga suka pergi ke pensi-pensi atau konser yang ada artis yang aku suka gitu kalau udah bener-bener nge-stuck.

Ngebagi Waktu

Q: Gimana cara ngebagi waktu antara nulis, sekolah, keluarga, dan pacaran?
A: Pake prinsip “semuanya harus dapet porsi 100%.” Jadi gak ada yang aku kerjain setengah hati.
Biasanya nih karena aku pagi-sore itu sekolah. Dari Senin sampe Jumat. Terus sisa sore dan malemnya aku pake nulis kadang sampe pagi. Pacaran aku taro di hari Sabtu, keluarga aku kasih waktu hari Minggu. Pokoknya, dalem seminggu gaboleh sampe ada yang gak kebagian porsi.

Q: Produktif nulis ngeganggu jadwal sekolah gak? Kayak ada PR yang telantar atau pelajaran yang remedial gitu?
A: Nggak dong. Aku ngeberesin semua PR, tugas, kerja kelompok itu di sekolah. Apalagi kalau tugas individu, aku targetin harus selesai di hari yang sama dengan hari tugas itu dikasih (meskipun dikumpulinnya masih seminggu lagi).
Jadiii semua PR gak ada yang dibawa ke rumah. Kalo remedial, aku sih bukan tipe siswi langganan remedial yak.
Setiap KBM, aku harus fokus tanpa konsentrasi terpecah ke hal lain dan aku tipe yang langsung nanya kalau aku gak ngerti, langsung speak up kalo aku gak suka. Tipe murid bawel (yang alhamdulillah disayang guru-guru kok, haha).
Buat ngerjain latihan soal pun aku sebisa mungkin tanpa nanya ke Google. Aku manfaatin buku pelajaran atau tanya gurunya langsung. Ini bener-bener ngebantu belajar aku jadi efektif.

Q: Pacar dan temen-temen kamu ngertiin kesibukan kamu gak?
A: Aku tipe orang yang gak bisa lama-lama sama orang yang gabisa ngertiin aku. Jadiii kalau aku masih sama orang yang itu-itu aja dari dulu, berarti...? Oya, aku juga bukan yang ribet kalau soal pertemanan. Kek mau temenan ayo, enggak juga ya gak apa-apa.

Sarah Ann penulis novel fantasteen paranormal angle
Aku dan novel Paranormal Angle di Togamas Buahbatu Bandung.

 Genre Horor

Q: Kenapa suka nulis genre horor?
A: Seru! Punya banyak tantangan dan hal-hal yang bisa dieksplor. Di genre ini tiap penulis punya tuntutan bikin cerita yang gak bosenin biar bukunya gak ditinggal di tengah jalan.

Q: Dapet inspirasi menulis horor dari mana?
A: Aku suka film dan cerita horor dan kadang emang penasaran sama hal-hal mistik gitu. Banyak-banyak baca dan nonton, deh. Biar idenya bisa lebih lancar juga.

Q: Prosa –ann di instagram @sarahannisaf tentang cinta semua. Kenapa gak coba bikin teenlit?
A: Buat sekarang-sekarang, kayaknya enggak dulu ya karena fokusku masih di genre horor. Dan lagi, rupanya bikin teenlit dan romance itu sama sekali gak gampang! Mungkin aku perlu niat yang mateng dan pembelajaran ekstra juga buat terjun ke genre itu yaaa.

Q: Dari 7 fantasteen yang udah terbit, punya yang paling favorit gak, Sar?
A: Punya dong! Haunted Room dan The Doll paling favorit karena feel guru-muridnya dapet banget menurutku. Jadi, di 2 novel itu, aku gak cuman menjual horornya saja.
Disusul The Lost Man yang based on true story aku dan pacarku, lalu Paranormal Angle, Deadly Call, Death Song dan terakhir Ghost in Summer. But over all, aku suka semuanya!

sarah ann pengarang novel fantasteen the lost man
Novel The Lost Man. Paling lama nulisnya!

Nulis di Wattpad?

Q: Paling cepet dan paling lama ngeberesin 1 novel berapa lama, Sar?
A: Paling cepetnya itu 3 minggu (buku pertama edisi spesial; The Doll). Dan paling lamanya itu 3 bulan (The Lost Man).

Q: Pernah ngerasa takut bukunya gak laris dan dikit yang bacanya gak, Kak? Cara ngatasinnya gimana?
A: Pernah dong pastinya! Nyiasatinnya sih kalo aku lebih ke numbuhin percaya diri. Pokoknya ngebiasain diri ada di positive vibes biar mindernya ilang.

Q: Pernah atau ada niatan nulis di Wattpad, gak?
A: Gak pernah dan gak ada niatan join nulis di Wattpad, ya. By the way aku punya akun Wattpad, tapi akunku cuman untuk baca-baca doang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar