Sabtu, 31 Agustus 2019

5 Coffee Shop Terbaik di Bandung



kopi warga coffee shop di bandung

Bagi aku, coffee shop itu tempat paling asik didatengin. Entah buat ngerjain naskah novel aku, buat mitap sama kakak-kakak redaksi, buat ngevlog, atau buat hangout aja sama geng aku.
Dari seringnya keliling ke coffee shop di Bandung, aku rekomendasiin 5 coffee shop ini buat kalian. Menurutku, ini yang terbaik.


1. Kopi Warga

Alamat Kopi Warga : Jl. Ir. H. Juanda No.48, Citarum, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Meskipun baru berdiri, Kopi Warga benar-benar nyajiin minuman dengan kualitas bukan kaleng-kaleng.
Kopi susunya punya banyak pilihan. Mulai dari kopi susu dicampur madu, kopi susu dicampur gula aren, dan beberapa varian lain. Cocok buat anak-anak hits yang demen kopi susu.
Tapi karena aku enggak terlalu suka kopi manis, favorit aku di Kopi Warga itu adalah Es Kopi Akang. Yaitu es americano dicampur madu.
Citarasa americano-nya masih kuat dan ada bias medium to low rasa manis dari madunya.
Ini moodbooster banget, dan yang jelas aman untuk yang pengen jaga berat badan kayak aku dengan mengontrol asupan gula.
Dari segi tempat, Kopi Warga juga juaranya. Terletak di belakang Hanamasa, jadi enggak terlalu deket sama jalan raya bikin suasana enggak berisik apalagi semrawut.
Kalau kalian sering nongki di Starbucks, vibes di sini tuh sebelas-dua belas sama Starbucks, deh!
Suasananya tenang, lagu yang diputarnya lembut, barista ramah tapi enggak bawel, dan yang penting non smoking area-nya bener-bener tertib.
Cocok banget buat nugas atau kerja, apalagi Kopi Warga buka dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam.
Dari segi harga, Kopi Warga enggak terlalu ngerampok dompet, kok. Kisaran Rp20.000 sampai Rp25.000 udah bisa dapet segelas kopi sambil duduk manis di sini.
  • Rating tempat: 4,9/5
  • Rating kopi: 4,8/5


2. Coffee Toffee

Alamat Coffee Toffee : Jl. Surapati No.37, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Coffee shop terbaik di Bandung urutan kedua menurutku adalah Coffee Toffee cabang Surapati, nih. Letaknya strategis banget di pinggir jalan besar dan enggak susah parkir.
Kedai kopi ini punya tempat yang luas banget, entah itu smoking room atau non smoking area. Di bagian atas, mereka juga punya meeting room untuk suasana privat.
Untuk varian kopi, mereka punya varian yang cukup komplet dari segi bean-nya. Citarasa setiap menu juga konsisten banget, enggak ada menu yang rasanya saling mirip, deh.
Untukku, rate kopinya sih 4/5 dan rate  tempat 4,7/5. Kalau dari segi makanan, beberapa kali pesan di sana tidak terlalu memuaskan untuk harga segitu.
Untuk makanan, aku kasih rate 2,6/5. But it’s not bad kalau memang tujuannya untuk kerja, nugas, minum kopi. Pokoknya selain makan berat.

3. Dewaji Coffee

dewaji coffee shop recommended di bandung
Dewaji Coffee Shop.

Alamat Dewaji Coffee : Jl. Rumah Sakit No.10A, Pakemitan, Cinambo, Kota Bandung
Bandung Timur patut bangga karena punya coffee shop yang kualitasnya enggak kalah saing dengan yang merajai pusat kota, nih!
Meskipun tempatnya enggak terlalu besar (tidak direkomendasikan untuk meeting atau kumpul rame-rame) tapi kalau lagi pengen suasana tenang sendirian atau berdua, ini cocok!
Punya motto learn and enjoy, di sini kita bisa sekalian belajar tentang kopi, loh. Entah itu mempelajari bean-nya, atau cara meraciknya. Baristanya jago-jago untuk ngajarin kamu. Dan yang jelas mereka itu ramah-ramah.
Dengan harga masih kisaran Rp15.000 sampai Rp20.000, Dewaji enggak ngecewain. Karena ruangannya minimalis, aroma kopinya jadi tercium lebih kuat. Syahdu deh pokoknya!
Sayangnya, untuk makanan berat mereka belum ready. Tapi kalau untuk sekadar ngemil kayak cireng dan siomay, mereka jagonya!
  • Rating tempat: 4/5
  • Rating kopi: 4,3/5


4. Bribean

bribean coffee shop recommended di bandung
Bribean Coffee Shop Bandung.

Alamat Bribean : Jl. Bengawan No.65a, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
For your information, aku kenal Bribean itu pas baru ada unit di seberang ITENAS. Pas buka unit lagi di Jl. Bengawan, pendapatku tetap sama; memuaskan.
Bribean cocok buat kerja atau nugas. Dengan catatan kamu bisa mengerjakan itu semua di vibes yang lumayan ramai. Kalo sukanya yang sepi-sepi anteng gitu, aku  kurang saranin ke sini, deh.
Tema ceria untuk interiornya bikin ngehibur mata sekaligus memperlancar nyari ide-ide buat bahan tulisanku.
Dan sebagai ciri khas Bribean, mereka nyediain donat yang khas banget. Bahkan menurutku, donatnya Bribean lebih mantul ketimbang donat dari 2 vendor terkenal di Indonesia.
Harganya pun masih terjangkau, yakni di bawah Rp 30.000 untuk segelas kopi dan satu buah donat.
  • Rating kopi dan donat: 4,2/5
  • Rating tempat: 4/5


5. Warung Limarasa

Alamat Warung Limarasa : Jl. Braga No.36, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.
Nongkrong enggak afdol kalau enggak nyobain minimal satu kafe di Braga. Dan dari sekian banyak kafe di kanan dan kiri Jalan Braga, favoritku adalah Warung Limarasa.
Kopi di sini enak, khusus kopi susunya. Mereka punya kopi susu yang enggak terlalu manis tapi nyegerin.
Tempatnya juga luas, cocok untuk lama-lama karena WiFi lancer dan colokannya banyak. Selain itu, Warung Limarasa juga cocok untuk nongkrong banyakan, nih.
Selain ngejagoin kopi-kopinya, aku juga ngejagoin makanannya. Bahkan, menurutku, Warung Limarasa bener-bener komplit dan semuanya konsisten enak.
Selain kopi,  pastry-nya pun enak. Dimsum­-nya apalagi. Varian nasi, mi, dan satenya pun enggak bikin kecewa. Pokoknya, coffee shop yang rasa makanannya bukan kaleng-kaleng.
Harganya pun masih terjangkau. Kira-kira untuk seporsi varian nasi dan segelas es kopi susu, enggak sampai Rp50.000, kok.
Rating kopi: 4/5
Rating tempat: 4,5/5
Rating makanan: 4,8/5 (untuk standar coffeeshop)

Gimana, kalian udah nyobain yang mana, Gengs? Kalau punya info coffee shop lain yang asik, bagi-bagi dong. Ntar aku cobain deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar